RSS

RPP Bilangan (VII/1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah             : SMP NEGERI 19 PALEMBANG

Mata Pelajaran             : Matematika

Kelas               : VII (Tujuh)

Semester          : 1 (Satu)

 

Standar Kompetensi   : BILANGAN

1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya

dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar      : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

Indikator                            : 1. Menyebutkan jenis-jenis bilangan bulat

2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

    1. Siswa dapat menyebutkan contoh bilangan bulat
    2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

B.     Materi Pembelajaran

Bilangan bulat

Bilangan bulatadalah bilangan yang terdiri dari bilangan cacah ( 0, 1, 2, …) dan negatifnya   (-1, -2, -3, … ; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan. Himpunan semua bilangan bulat dalam matematika dilambangkan dengan Z (atau ), berasal dari Zahlen (bahasa Jerman untuk “bilangan”). Bilangan bulat mencakup bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan nol, yang dinotasikan:

.

Garis bilangan himpunan bilangan bulat digambarkan seperti berikut:

 

 

-3  -2  -1   0   1   2    3

Berkurang                                    Bertambah

nol

Bulat negatif                Bulat positif

Bilangan bulat dapat ditunjukkan pada garis bilangan, kearah kanan nilainya akan bertambah, ke kiri nilainya akan berkurang, seperti pada gambar diatas.

  1. C.     Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.

 

  1. D.     Langkah – langkah Pembelajaran
    1. A.     Pendahuluan  :  (10 menit)
  • Apersepsi : Mengulang kembali materi sebelumnya tentang beberapa macam bilangan pada saat duduk di bangku sekolah dasar, yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
  • Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari bilangan bulat ini.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. B.     Kegiatan Inti (60 menit)
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi:

  •   Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok yang terdiri dari 3 – 5 orang.
  •   Siswa diminta untuk memberikan contoh-contoh bilangan bulat.
  •   Siswa diberikan stimulus berupa pemberian masalah realistik mengenai materi bilangan bulat. Kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan masalah tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Contextual Teaching and Learning Matematika kelas VII edisi 4 mengenai bentuk bilangan bulat, letak bilangan bulat pada garis bilangan, dan membandingkan serta mengurutkan bilangan bulat).
  • Siswa mengomunikasikan secara lisan mengenai analisis masalah bilangan bulat.
  •  Guru meminta siswa untuk menjelaskan bilang bulat positif, nol, dan negatif dengan menggunakan garis bilangan.
  • Siswa menunjukkan hubungan dua bilangan bulat.
  • Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
  • Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi:

  • Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian latihan, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
  • Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok.
  • Siswa mengerjakan beberapa soal dari Lembar Kerja yang telah disiapkan oleh guru mengenai bentuk bilangan bulat dan letak bilangan bulat pada garis bilangan,  kemudian siswa dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Untuk lebih jelas dan semakin dapat kita memahami RPP ini. silahkan Anda download :

RPP BILANGAN ERLY

 

semoga bermanfaat ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: